Cara Berfikir Positif

Banyak orang di zaman sekarang yang kehilangan atau tidak punya metode atau cara berfikir positif, padahal itu sangat di perlukan untuk membuat hidup menjadi lebih positif dan berkembang baik. karena kebanyakan dari kita hanya berfikir bagaimana mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya untuk diri, anak dan kalau perlu buat tujuh turunan. memang,ini merupakan suatu dekadensi moral yang ironis dan perlu perhatian khusus dari kita, lingkungan dan negara tentunya. Bahkan banyak di antara kita yang menjadi pelupa / daya ingat lemah, amnesia atau apalah namanya.

Cara Berfikir Positif
Namun disini saya tidak akan membahas tentang ini tanggung jawab siapa, karena kita semua sudah tahu bahwa ini merupakan tanggung jawab kita bersama yang merasa bahwa dirinya adalah manusia.

Kembali pada point cara berfikir positif, yang mana belum banyak yang tahu bagaimana metode yang tepat dan terbukti ampuh seperti halnya yang di lakukan oleh cendekiawan-cendekiawan atau bahkan ilmuan-ilmuan.

Adapun untuk bisa menguasai cara berfikir positif adalah dengan menguasai 4 metode cara berfikir, yaitu

1. Cara berfikir linier
2. cara berfikir zigzag
3. Cara berfikir Spiral dan
4. Cara berfikir Cyclical

Cara berfikir linier (lurus) adalah cara berfikir yang matematis, misalnya 1+1 = 2. ini bisa di analogikan ke apa saja, misalnya dalam kehidupan dagang, yang mana untuk bisa laba harus menjual barang dagangan di atas harga beli barang dagangan tersebut.

Untuk nomor 2-4 tentu anda punya gambaran sendiri, tentang bagaimana polanya dan bagaimana caranya, karena saya yakin anda akan mampu untuk mengembangkan cara berfikir tersebut. Mengingat bekal nomor 1 yang telah saya jabarkan. Bukan maksud untuk tidak mau menjabarkan, melainkan saya memancing fikiran anda supaya anda bisa membuka lipatan-lipatan pikiran anda, sehingga nantinya anda bisa mengetahui cara berfikir positif itu bagaimana. karena dengan menggunakan ke-empat cara berfikir di atas maka anda bisa memandang suatu masalah dari segala penjuru (Cyclical/lingkaran).

Ingat, untuk bisa berperilaku positif maka harus berfikir positif dan untuk bisa berfikir positif maka terlebih dulu harus tahu cara berfikir positif. yang mana ini bisa di lakukan siapa saja termasuk anda atau siapapun yang membaca blog ini.

Saya tidak mengharapkan anda untuk mengira bahwa tulisan saya ini mutlak, karena masih banyak metode-metode lain untuk bisa berfikir positif yang bisa di jadikan sebagai conter attack dari hawa nafsu manusia.

Tak perduli tua atau muda namun yang jelas, dengan fikiran positif kita akan bisa maju, Tanpa hal itu kita akan terperosok, meski kita itu cucu garuda maka akan seperti cucu kerbau yang bengong saja ketika ada hal baru di depannya.

Salam positif !

Update 21 Maret 2015
Berfikir positif akan menambah kemampuan untuk berkreativitas, karena dengan berfikir positif maka akan lebih tenang dan fokus. memang tidak mudah untuk melakukan hal itu karena kita tidak hidup sendiri, ada orang lain di sekitar kita, ada lingkungan yang selalu memberikan pengaruh kepada kita. Oleh karena itu berfikir positif bisa menjadi filter dari distorsi pengaruh "jahat" dari luar diri kita.

Benar adanya jika berada di lingkungan yang buruk maka lambat laun kita akan terpengaruh oleh pengaruh buruknya, namun jika anda telah mempunyai karakter dan integritas yang kuat maka anda dapat meminimalisir pengaruh buruk itu dan bahkan mungkin anda bisa memberi atau merunah "warna" lingkungan sekitar anda.

Lingkungan anda bisa berupa teman, tetangga atau bahkan pohon, sungai dsb, itu semua termasuk kedalam hal yang dapat mempengaruhi diri anda langsung maupun tidak langsung.










Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama