Dari Mana Kita Harus Memulai?


Perubahan dan perubahan adalah suara yang seringkali terdengar ketika kita dalam keadaan terpuruk. Itu wajar dan mungkin merupakan sebuah keharusan, karena pada dasarnya manusia itu menyukai sesuatu yang lebih baik, tapi kebanyakan kurang tepat dalam memilih awal bagian perubahan yang di dahulukan.

Kehidupan ini adalah sebuah sistem besar yang selalu berkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya dan suatu komponen sangat mempengaruhi komponen lainnya, tatkala sebuah komponen bergeser kondisi ataupun keadaannya maka hal tersebut akan dapat berpengaruh bagi keseluruhan sistemnya. Kebergeseran atau perubahan adalah sebuah hal yang lazim karena mau tidak mau semua yang masuk dalam sistem kehidupan harus mengalami perubahan, dan tugas manusia adalah memastikan bahwa perubahan tersebut adalah perubahan ke arah perbaikan.

Begitupun sebuah negara yang baik adalah yang selalu dapat mengontrol perubahan dengan memastikan bahwa perubahan itu baik.

Terdapat sebuah Negara yang kaya raya dan beraneka ragam penghuninya yang sedang terpuruk dalam sebuah kurungan keterpurukan yang sangat dalam, dan ketika mereka tersadar dan mulai mempunyai keberanian mereka coba untuk melakukan perubahan, tapi mereka belum mempersiapkan sebelumnya, perubahan seperti apa yang di inginkan.

Seringkali mereka meneriakkan dengan lantang suara perubahan tapi lupa terhadap hal-hal apa saja yang harus berubah. Mereka tidak memperhatikan bahwa perubahan yang sesungguhnya sangat di perlukan adalah perubahan mendasar yang terletak pada diri mereka sendiri.

Budaya adalah nyawa dari sebuah sistem kehidupan dari sebuah komunitas yang berada di suatu tempat, dan hal terkecilpun dapat mempengaruhi keseuruhan sistem yang ada dalam komunitas tersebut.

Jadi mungkin, hal pertama yang harus di lakukan adalah memperbaiki budaya. Budaya makan, budaya bersosial, budaya berpendidikan dan budaya memperhatikan lingkungan.

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama