Makalah PENGELOLAAN KELAS Bagian 1


BAB I
PENDAHULUAN

Dalam menciptakan kondisi yang di harapkan akan bisa efektif tak lepas dari faktor-faktor yang dapat menunjang pembelajaran yang terkontrol. Masalah-masalah yang biasanya timbul dapat merusak iklim pembelajaran. Di kuasainya berbagai pendekatan dalam pengelolaan kelas untuk mengetahui masalah yang ada sehingga di perlukan pendekatan-pendekatan yang ada.
salah satu hal yang dapat di lakukan dalam penyelesaian masalah – masalah yang mungkin timbul dalam proses belajar mengajar adalah dengan menata kelas, atau yang di kenal dengan pengelolaan kelas. 
Karena kelas adalah tempat belajar, tempat mengembangkan bakat serta inspirasi yang terus di pupuk agar terus berkembang. Dan ini di perlukan suasana kelas yang baik. Kelas harus di tata dengan sedemikian rupa agar kondisi/keadaan kelas menyenangkan, sehingga kelas dapat menampung apa saja output dari pendidikan termasuk kreatifitas siswa.
Pengelolaan kelas meliputi berbagai hal di antaranya: benda-benda kelas seperti meja, papan tulis, warna dinding dsb.
Yang terpenting dalam pengelolaan kelas harus memperhatikan keberagaman siswa, agar semua siswa mendapatkan peluang yang sama dalam mengembangkan potensinya. Hal ini perlu untuk di perhatikan karena pemahaman akan karakter masing-masing siswa  dapat membuka pintu keberhasilan dalam program pendidikan.




BAB II
PENGELOLAAN KELAS

A.      Pengertian Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas adalah usaha dalam menciptakan kondisi kelas yang diharapkan agar proses pembelajaran lebih efektif dan maksimal. 
Menurut Swardi (2007 : 107) Istilah pengelolaan kelas terdiri dari dua kata, yakni kata “pengelolaan” dan kata “kelas”. Kata pengelolaan memiliki makna yang sama dengan management dalam Bahasa Inggris, selanjutnya dalam Bahasa Indonesia menjadi manajemen, menurut Manulang dalam Swardi, manajemen dapat diartikan sebagai seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasia, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari sumber daya, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengertian kelas menurut Hamalik, adalah sekelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang mendapat pengajaran dari guru. Suharsimi menyebutkan bahwa kelas berarti sekelompok siswa dalam waktu yang sama menerima pelajaran dari guru yang sama. Kedua pengertian tersebut, kelas dapat diartikan pada sekelompok oaring.
Menurut Djamarah dan Zaini dalam Swardi (2007 : 108) secara sederhana pengelolaan kelas berarti kegiatan pengaturan kelas untuk kepentingan pengajaran. Sedangkan menurut Mulyasa (2007 : 91) pengelolaan kelas merupakan ketrampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif, dan mengendalikannya jika terjadi gangguan dalam pembelajaran.
Menurut Napitupulu dalam Martinis Yamin dan Maisah (2009 : 36) untuk menciptakan suatu iklim guna pembentukan para siswa di dalam komunitas belajar yang kohesif dan mendukung, maka para guru memperlihatkan sifat- sifat pribadi yang akan membuat mereka mangkus contoh (model) dan pengatur pergaulan: watak yang menyenangkan, ramah-tamah, kematangan emosional, keikhlasan, dan kepedulian terhadap siswa-siswi baik sebagai perorangan maupun sebagai warga belajar. Guru memperlihatkan perhatian dan kasih sayang kepada para siswa, memperhatikan kebutuhan dan emosi mereka, serta mengarakan pergaulan siswa, agar mereka juga memperlihatkan cirri-ciri yang sama di dalam interaksinya seorang dengan yang lain.
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pengelolaan kelas adalah kehangatan dan keantusiasan, tantangan, bervariasi, luwes, penekanan pada hal yang positif, dan penanaman disiplin diri.
Ketrampilan pengelolaan kelas memiliki komponen sebagai berikut:
1.         Penciptaan dan pemeliharaan iklim pembelajaran yang optimal.
2.         Keterampilan yang berhubungan dengan pengendalian kondisi     kelas   untuk belajar yang optimal, di antaranya dengan:
a.         Modifikasi perilaku
b.        Pengelolaan kelompok
c.         Menemukan dan mengatasi perilaku yang menimbulkan masalah.

Ke bagian 2

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama