Apa Sih Sebenarnya Sholeh Itu?


Definisi Kata Sholeh
Arti definisi sholeh belum di ketahui oleh semua orang, bahkan oleh pemilik istilah tersebut, jadi terkadang pengaplikasian dari definisi kata sholeh tersebut sangat menyimpang bahkan berbeda dari definisi kata sholeh sebenarnya.


Setiap orang pasti ingin mempunyai anak yang baik dan berbakti kepada orang tua, karena hal itu akan sangat membuat orang tua bahagia karena memiliki anak yang baik. Dan itu bisa jadi kebanggaan tersendiri.
Dan seperti itu di anggap sebagai definisi kata sholeh, namun definisi kata sholeh itu sendiri sebenarnya bukan hanya sekedar baik, tapi lebih dari baik.

Selama ini banyak orang yang selalu berdo’a kepada Tuhan agar di karuniai anak-anak yang sholeh tapi mereka lupa untuk mencari tahu apa sebenarnya arti kata sholeh itu sendiri.

Di dalam sebuah ceramah Emha Ainun Najib (Cak Nun) mengutarakan bahwa definisi kata sholeh adalah kebaikan yang telah di timbang berdasarkan sosial, budaya, politik dan lain sebagainya dan ketika di terapkan, kebaikan tersebut mempunyai tingkat mudhorot (dampak negatif) yang sangat minimal. Semakin minimal dampak negatifnya maka akan semakin tinggi tingkat kesholehannya.

Jadi, sholeh adalah kebaikan yang jika di terapkan sangat kecil dampak negatifnya, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan dan lainnya.
Comments
5 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

5 komentar:

  1. wah saya belum setuju dengan definisinya cak nun,soalnya tidak didasari dalil quran atau hadist, meskipun sy sendiri masih mencari definisinya sholeh

    BalasHapus
  2. hehe..Caknun itu telah meramu sekian qur'an dan hadist untuk mendefinisikan makna sholeh tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sholeh kok ada dampak negatif nya ya

      Hapus
    2. iya mas, sebaik apapun perbuatan baik, pasti ada dampak negatifnya.

      Hapus

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Komentar Sahabat

Widget Recent Comments by [Boma-internet

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner