Sufi Arab VS Sufi Indonesia

Ali bin Abi Thalib berkata mengenai dunia "Wahai dunia, perdayalah selain aku, silahkan perdayakan siapapun saja tapi jangan aku, karena aku telah men-talaq tiga kepada kamu, kamu nggak usah merayu-rayu aku kembali"

Emha Ainun Najib " Wahai dunia, aku cinta sama kamu, aku cinta memakan makananmu, aku cinta kepada pohon-pohonmu yang indah, aku cinta kekuasaan di antara manusia, aku cinta mal, aku cinta motor, aku cinta dunia, aku cinta kamu, don't worry i love u full, aku cinta kepadamu wahai dunia, cuman saya minta maaf, jangan menunggu aku lamar untuk aku kawini, karena kau tidak akan pernah tinggal di sini, kamu tidak kuat menjadi istriku, aku hanya lewat"

Saya rasa Cak Nun itu lebih rasional dari yang pertama, karena kita hidup di dunia memerlukan benda-benda dunia untuk beraktivitas di dunia. Kita hidup juga memerlukan tubuh untuk tempat bernaung bagi nyawa, dan tubuh memerlukan suplay  energi, dan ia tidak akan dapat aktiv tanpa adanya energi.

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama