Modus Penipuan sms, 2 Cara Identifikasi SMS Percobaan Penipuan

Modus penipuan sms hingga kini masih saja terjadi, meski sudah ada kewajiban untuk registrasi kartu perdana dengan menggunakan identitas KTP. Entah apa- apa yang di lakukan para pelaku modus, ada saja cara untuk memanipulasi registrasi simcard. sehingga dengan leluasa menyalahgunakan nomor HP.

Kecanggihan Teknologi di iringi Kecanggihan Modus Penipuan SMS

modus penipuan sms
Pada masa sekarang kecanggihan teknologi menghadirkan banyak kemudahan bagi kita, termasuk bagi pelaku kejahatan, khususnya dengan menggunakan teknologi SMS (Short Message Service).

Seringkali kita mendapatkan modus penipuan sms yang seakan-akan itu adalah pengumuman dari undian tertentu yang di tujukan secara acak kepada pemilik nomor handphone, terlebih regulasi dari simcard yang masih longgar, sehingga memungkinkan siapa saja dengan nama ngawur bisa mendaftarkan simcardnya.

Cara yang Efektif untuk Antisipasi Modus Penipuan SMS

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk menentukan bahwa sms itu benar-benar pengumuman undian atau hanya sms percobaan penipuan:

  1. Perhatikan nomor yang digunakan untuk mengirim sms tersebut, jika memang itu undian maka nomor yang digunakan bukan nomor sembarangan. Misalnya,kalau undian dari Telkomsel maka pengirimnya bukan nomor,melainkan tulisan Telkomsel.
  2. Biasanya dalam sms percobaan penipuan melalui sms, di sertakan link URL yang di sediakan untuk meyakinkan calon korban. perhatikan link tersebut jika kredibel maka itu memang dari pihak-pihak yang bertanggung jawab.

Lalu bagaimana cara menentukan link URL tersebut merupakan link kredibel atau tidak? yaitu dengan melihat ekstensi domain dari URL tersebut. kalau di Indonesia ya harus CO.ID, karena untuk mendaftar domain CO.ID harus melalui persyaratan yang ketat.

Saya kira dua hal itu saja yang bisa di jadikan untuk identifikasi terhadap modus penipuan sms. Semoga bermanfaat.
 
Zaman sekarang Modus Penipuan sangat beragam, Kita harus update informasi dan selalu mengedepankan logika dan akal sehat. Supaya Kita terhindar dari penpuan yang akan merugikan Kita.

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama