Sikap Sombong itu Sangat Lembut

Sifat sombong adalah sifat yang tercela dan tidak disukai oleh semua orang, bahkan Tuhan yang Maha Kuasapun tidak menyukai orang yang sombong. Dan semua orang berpotensi untuk bersikap sombong atau takabur, karena sifat sombong itu bisa sangat halus dan tidak terasa.

cara menghilangkan sifat sombong
Gambar: pixabay


Akibat sifat sombong pada diri akan semakin menganggap remeh orang lain dan merasa diri paling unggul daripada yang lain. Akibat lain dari sifat tercela ini yakni diri semakin terlena dan semakin jauh dengan Tuhan pencipta alam semesta.

Cara menghilangkan sifat sombong antara lain dengan selalu ingat akan pencipta diri ini dan sering melihat keluar diri, bahwasannya banyak diluar diri Kita yang lebih baik dari diri.

Sifat sombong harus kita jauhi dan kita hindari mutlak, karena sifat inilah yang merupakan sifat yang paling tercela diantara sifat-sifat tidak terpuji lainnya.

Sifat angkuh dan sombong ibarat saudara yang mirip dan satu rasa, keduanya sama- sama menganggap diri sendiri yang paling istimewa dari yang lain. Merasa paling jago dan paling dari yang paling. jauhi sifat sombong jika ingin selamat di dunia dan akherat.

Samakah sifat percaya diri dengan sombong ?

Pertanyaan yang sukar untuk dijawab. Pada dasarnya percaya diri ialah keyakinan yang berdasarkan potensi diri yang memang ada, dan hendak melakukan sesuatu atau melakukan hal tertentu. Namun kesombongan itu berasal dari hati yang khilaf dan lupa akan diri dan lupa akan yang Maha Esa. jadi jawabannya tidak sama. Percaya diri berasal dari fikiran sedangkan kesombongan berasal dari Hati. Memang ini beda tipis jika dilihat dari outputnya, maka dari bersikap proporsionallah ketika anda sedang dalam kepercayaan diri yang maksimal.


















Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama