Sesuatu Yang Rumit itu Bisa Menjadi Sederhana

Cara menghadapi masalah yang rumit dan Bisa Menjadi Sederhana

cara menghadapi masalah yang rumit
Gambar: pixabay
 

Masalah atau problem seringkali hinggap pada diri kita meski kita tidak berniat mengundangnya, namun apa dikata jika itu terjadi pada saat kita sedang mencari jalan keluar dari situasi yang buruk dan memikirkan cara menghadapi masalah yang rumit dan seakan tidak bisa dikendalikan. Problem bisa menimpa kepada siapa saja yang hidup di dunia ini, yang penuh dengan fatamorgana dan persaingan hidup yang sangat ketat. Tidak peduli orang kaya atau miskin, orang awam atau berpendidikan, orang berpangkat maupun rakyat jelata, semua menghadapi masalahnya masing- masing dengan tingkat yang berbeda- beda. 

Gelap atau terang, rumit atau sederhana tergantung dari cara kita melihatnya, karena suatu masalah akan Nampak runcing dan sulit di pecahkan tatkala kita tidak percaya pada diri sendiri dan tidak yakin akan adanya kasih sayang dari yang Maha Kuasa. Ketidaktahuan dan ketidakmengertian merupakan sumber dari kerumitan yang timbul, mencari tahu akar masalah akan dapat membantu mengurai kekomplekan dan suatu masalah. Sering berdiskusi atau sering curhat bisa menjadi sarana untuk meningkatkan variasi berfikir manusia, yang mana otak manusia akan semakin tajam jika semakin sering digunakan. Berbeda halnya dengan pisau yang semakin tumpul jika terlalu sering digunakan dan tanpa diasah. Intensitas berfikir yang ekstra akan menjadikan sebagai pengasah yang menajamkan fikiran sehingga dapat mengatasi keruwetan masalah yang mungkin dihadapi.

Temukan Akarnya Maka Pohonnya akan kamu kuasai

Menemukan akar masalah yang rumit memang tidak mudah namun jika itu bisa dilakukan maka kita bisa dengan gampang menemukan cara menghadapi masalah yang rumit tsb. Jangan malu bertanya, jangan segan untuk curhat kepada orang lain. Solusi bisa saja datang dari siapapun dan bisa merunut satu persatu, butir demi butir, kejadian demi kejadian maka niscaya akan menjumpai akar dari permasalahan yang tidak simple. Keluarga, orang tua, teman, sahabat bisa dijadikan tempat untuk mencari ide dalam mengatasi masalah namun jangan berlebihan karena akan membuat mereka ill feel.

Ketika sudah merasa tidak sanggup dan tidak bisa mengingat kronologi yang telah menyebabkan keruwetan maka cobalah untuk mendapatkan motivasi, merenung sejenak, meditasi, yoga dan juga beribadah bisa menjadi sandaran batin yang kuat untuk tetap tegar menghadapi masalah besar. Memang mudah untuk berkata- kata dan sulit untuk melakukannya tapi itu bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Banyaknya orang yang depresi, bahkan gila bisa jadi karena tidak adanya sandaran kuat ketika di terpa masalah yang hebat. Karena sandaran merupakan pilihan terakhir ketika masalah yang rumit belum bisa terpecahkan.










Komentar baru tidak diizinkan.*

Lebih baru Lebih lama