Saya Malu Karena di Ejek Teman, Karena Memakan Buah Apel Tanpa Saya Kupas.

Manfaat kulit buah apel? ini cerita saya tentang kulit buah apel.

Saya lihat banyak orang yang memakan apel sekaligus kulitnya, namun ketika saya memakan apel di lingkungan saya, malah di ketawain, di bilang "kayak orang yang gak pernah makan" sayapun menjadi agak malu dan bertanya-tanya dalam hati, apakah ejekan mereka sebanding lurus dengan manfaat yang terkandung dalam kulit apel.


Manfaat kulit buah apel
gambar: pixabay

Namun sekarang saya boleh melepas rasa malu itu karena teryata banyak sekali manfaat yang terkandung dalam kulit apel. berikut kutipan dari kompas.com.

Berikut ini manfaat yang terkandung dalam kulit buah apel:

1. Vitamin

Kulit apel mengandung vitamin A yang memperbaiki penglihatan dan pertumbuhan sel. Selain itu kulit apel juga mengandung vitamin C yang mendukung sistem imunitas yang kuat dan meningkatkan produksi kolagen untuk kulit yang sehat. Tak hanya itu, kandungan vitamin K yang tinggi padanya juga membantu pembekuan darah. Kandungan folatnya juga bermanfaat untuk pembentukan sel-sel baru.

2. Mineral

Menurut studi dari University of Illinois, kulit apel merupakan sumber mineral-mineral penting bagi tubuh, seperti kalsium, potasium, dan fosfor.
Kalsium dan fosfor merupakan mineral penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Sementara potasium dibutuhkan untuk kesehatan sel-sel tubuh, jantung, dan sistem pencernaan.

3. Serat

Apel mengandung serat larut dan tidak larut sekaligus, dan sekitar dua pertiga kandungan serat pada apel berada di kulitnya. Serat memiliki fungsi yang sangat banyak bagi kesehatan, dari mulai menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan pencernaan, hingga membantu pengontrolan berat badan. Rata-rata apel berukuran sedang mengandung 4,4 gram serat, dan akan berkurang saat tidak dimakan bersama kulitnya.

4.  Antioksidan

Kulit apel memiliki senyawa fitokimia seperti flavonoid dan asam fenolik yang membantu tubuh memerangi radikal bebas. Radikal bebas diketahui dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit. Memakan apel bersama kulitnya juga memberikan Anda manfaat dari triterpenoid yang membantu melawan kanker, seperti kanker hati, usus besar, dan payudara.

Manfaat kulit buah apel ternyata sangat banyak sekali, jadi jika anda suka makan apel dengan di kupas maka hentikan kebiasaan itu karena sayang sekali banyak vitamin yang akan terbuang bersama kulit apel. salah satunya atioksidan, itu artinya bagi perokok yang sukar meninggalkan kebiasaan merokok maka makan apel beserta kulitnya sangat di anjurkan.

sumber: http://health.kompas.com/read/2013/09/12/1152078/4.Manfaat.Makan.Apel.Bersama.Kulitnya











Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama