Akankah Metode Penjualan dengan Sales Konvensional dapat Bertahan?

Kata Sales berasal dari bahasa inggris yang artinya penjualan suatu produk dan ragam salespun sangat banyak, diantaranya ada sales motoris, sales promotor, sales marketing, sales eksekutif dan lain- lain. pekerjaannya cuma satu yakni mencari pembeli, mencari dengan berbagai cara agar bisa jualan.

Di era digital sekarang ini banyak orang mulai melirik dunia yang serba praktis "tinggal klik". sekarang internet tidak hanya di jadikan sebagai media hiburan namun juga bisa di gunakan sebagai media pembantu bisnis yang sangat efektif. banyak toko online bermunculan, banyak pekerjaan-pekerjaan yang tadinya memerlukan orang untuk melakukannya sekarang bisa di gantikan dengan internet yang serba cepat.

Pertanyaannya,  
Akankah metode penjualan dengan sales konvensional yang membutuhkan orang untuk menawarkan face to face kepada konsumen dapat bertahan di era digital ini?
Jawabnya, bisa saja tergantikan karena teknologi internet sudah mulai akrab dengan kehidupan masyarakat, selain itu sudah mulainya ada pengaturan regulasi dalam internet itu sendiri.

Salah satu contoh toko online yang berbasis internet adalah Amazon.com yang dapat melakukan penjualan ribuan item dalam satu hari dengan hanya menggunakan media internet.

Namun jawaban di atas tidak mutlak untuk benar, semua tidak bisa di prediksi secara tepat, jadi untuk benar tidaknya kita bisa melihatnya nanti.

Pic: pixabay

Di tahun 2022 ini peralihan metode sales marketing sudah mulai bergeser ke wilayah digital, banyak perusahaan- perusahaan besar sudah mulai menggunakan teknologi internet secara masiv, terlebih disaat covid-19 merajalela di berbagai belahan dunia. Ini mungkin suatu tuntutan zaman, yang persaingan penjualan semakin ketat dan keharusan untuk survive sebuah perusahaan bertumpu pada penjualan. Semakin tinggi angka penjualan suatu produk maka akan semakin berjaya suatu perusahaan.  

Mulai saat ini sudah banyak sales konvensional yang mengkombinasikan dengan teknologi online, sembari mereka mencari nasabah door to door mereka juga membangun website sebagai sarana pemasaran melalui daring. Oleh karena itu banyak sekali penyedia jasa pembuatan website yang menawarkan jasa di facebook ads secara ramai.

Bagaimana nasib sales Konvensional kedepan ?

Pertanyaan ini yang sulit dijawab, namun jika melihat tren sekarang ini maka sales konvensional akan tergeser dengan teknologi digital yang bisa memberikan akses langsung dari penjual ke konsumen. Mulai saat ini buatlah website dengan mengedepankan brand anda dan lakukan promo melalui web tersebut, maka kedepan akan mampu bertahan di tengah persaingan mencari pekerjaan yang sangat ketat. Kalaupun anda sudah keluar dari perusahaan minimal anda sudah punya website yang bisa di gunakan sebagai sarana promo penjualan dari produk anda.

Jika anda seorang sale manager maka akan berfikir ekstra dalam penjualan produk, karena tentu banyak anggota yang harus di maintain dan harus di beri motivasi agar senantiasa semangat dalam melakukan canvasing, promo dan tentunya penjualan yang seperti diharapkan.











Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama