Kekuatan Silaturrahmi

kekuatan silaturrahmi


Silaturrahmi atau yang lebih tepatnya adalah silatul-arkham yang mana merupakan sebuah kegiatan menjalin keeratan hubungan persaudaraan antar sesama manusia ternyata mempunyai makna yang sangat luar biasa dan menyimpan berbagai manfaat yang sangat baik bagi manusia itu sendiri.

Jika kita perhatikan, manusia tidak akan pernah bisa hidup dengan tanpa orang lain, karena satu sama lain antar individu manusia sangat berkaitan, itu terbukti dengan adanya kebutuhan manusia tidak mampu di cukupi oleh manusia itu sendiri, yang tentunya memerlukan indiviidu lain untuk memenuhinya. misalnya kebutuhan makan, makan berasal dari nasi, nasi berasal dari beras, sementara beras itu sendiri harus ada orang yang bersedia menanamnya, oleh karenanya ada profesi petani. Dan sebaliknya pak petani memerlukan alat-alat untuk menggarap sawahnya, dan alat-alat pak tani di produksi oleh pihak lain, begitu seterusnya hingga peralatan rumah tangga, termasuk perlengkapan tidur.

Maka dari itu Islam sangat menganjurkan umatnya untuk terus menerus menjaga hubungan silaturrahmi, karena begitu besarnya manfaat silaturrahmi bagi hubungan keharmonisan masyarakat manusia itu sendiri.

Tidak bisa di bayangkan jika manusia tidak saling mengenal antara satu dengan yang lainnya, maka keharmonisan antar sesama akan sangat kurang sehingga akan rawan terjadi konflik, dan konflik dalam sekala besar dapat menyebabkan peperangan.

Peperangan tidak akan terjadi, setidaknya dapat di minimalisir dengan adanya keeratan hubungan manusia yang dapat di tumbuhkan dengan memperbanyak silaturrahmi.

Di zaman sekarang budaya silaturrahmi sudah mulai tergantikan dengan video call, zoom dan teknologi- teknologi komunikasi yang semakin canggih. Bisa berbicara face to face dengan media online.

Zaman dulu sebelum adanya video call, orang harus berkunjung dan bertemu untuk bisa bertatap muka satu sama lain. Membutuhkan kemauan dan waktu untuk bisa bertemu seseorang. 

Mudah- mudahan budaya silaturrahmi akan bisa bertahan dan terus ada dalam masyarakat Indonesia














Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama