Pengertian Puasa Ramadhan, Puasa di Bulan Ramadhan

puasa di bulan ramadhan
Pengertian puasa ramadhan - Puasa ramadhan merupakan puasa yang di lakukan pada bulan ramadhan, pada bulan ini semua Muslim di wajibkan (di haruskan) untuk berpuasa selama sebulan penuh, kecuali yang tidak mampu untuk berpuasa maka di perbolehkan tidak berpuasa dengan catatan tertentu, dan di malam harinya di sunnahkan (di anjurkan ) untuk melakukan sholat terawih.

Pengertian puasa ramadhan, Puasa artinya menahan, secara istilah adalah menahan dari fajar shodiq hingga terbenamnya matahari, selama lebih kurang 13 jam tidak boleh makan dan juga minum.

Akan tetapi terdapat pengertian puasa yang lebih tinggi, artinya lebih bertingkat, karena puasa sendiri sebenarnya merupakan latihan untuk menahan nafsu atau sarana belajar mengendalikan emosi. Dengan puasa di harapkan dapat menjadi orang yang lebih dapat mengendalikan emosi dan juga mampu untuk menahan nafsu negatif, dan yang lebih penting adalah latihan untuk jujur. karena puasa adalah ujicoba bagi manusia untuk berlaku jujur, karena urusan puasa adalah hanya Tuhan yang tahu, orang lain tidak akan tahu apakah seseorang sedang berpuasa atau tidak. Maka dari itu puasa dapat di katakan sebagai ibadah vertikal.

Itulah tadi pengertian puasa ramadhan secara umum, jika ada penambahan atau koreksi di persilahkan untuk komen di bawah.

Jadwal Imsakiyah-berbuka Puasa ramadhan 2012 / 1433 hijriah.

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama