Jangan Kau Racuni Sungaiku

Dahulu kala semasa saya masih kecil, sungaiku sangat indah sekali dan ikannya juga banyak, dengan menggunakan alat sederhana saja sudah bisa mendapatkan ikan yang banyak., dari udang sampai ikan-ikan yang lain.

SungaikuAkan tetapi banyak orang yang secara sengaja maupun tidak sengaja merusaknya, meracuninya sehingga membunuh anak-anak ikan di sungaiku.

Apakah nanti anak cucu kita dapat mengetahui bentuk udang sungaiku seperti apa, apakah nanti anak cucu kita bisa merasakan segarnya air sungai yang dingin.

Wahai perusak sungai, janganlah kau teruskan perbuatanmu, cukup sudah kau rusak sungaiku.


Update 21 maret 2015:

Sekarang terbukti bahwa ekosistem sungai sudah mulai hilang, jenis ikan di sungai sudah banyak yang hilang dan ada kemungkinan anak cucu kita akan tidak mengetahui ragam ikan yang pernah berada di sungai kita.

Memang sulit untuk merubah cara berfikir masyarakat yang latar belakang pendidikannya kurang begitu baik, yang mana mereka tidak mengerti akan pentingnya menjaga ekosistem sungai. padahal kualitas sungai dapat menjadi parameter dari tingkat kesholehan dari suatu masyarakat.

Maka dari itu sebaiknya kita banyak belajar akan banyak hal tentang lingkungan dan alam sekitar kita agar kita dapat berlaku baik dan berlaku seharusnya yang di lakukan manusia untuk kebaikan dirinya dan lingkungannya. karena apa saja yang kita lakukan terhadap sungai maka dampak atau manfaatnya akan kembali kepada kita juga.

Saya secara pribadi sangat merasa sedih ketika banyak dari masyarakat kita yang membuang sampah ke sungai, karena itu akan sangat mencemari sungai.

Itu saja dulu dari saya, jika ada saran dan tambahan maka anda bisa menulisnya di kolom komentar.

Mari kita jaga sungai kita !

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama