Panduan Setting Warnet Mudah

Setting Warnet Agar Komputer KBU Dapat Terhubung Dengan Komputer Server

Warnet merupakan suatu sistem yang di gunakan untuk menshare koneksi internet pada suatu lokasi tertentu, dengan warnet banyak orang dapat mengakses internet pada waktu yang bersamaan tanpa mengganggu satu sama lain, hal itu bisa di lakukan asalkan setting warnet tersebut di lakukan dengan benar. Karena dengan setting warnet yang benar maka koneksi internet dapat di alirkan ke seluruh komputer yang ada di dalam sebuah warnet (KBU).

Untuk setting warnet kali ini akan membicarakan masalah meng-koneksikan hubungan antara komputer server dengan komputer klien atau komputer yang ada di dalam KBU, dengan tanpa adanya hubungan antara komputer server dengan komputer klien maka tidak akan mungkin komputer klien dapat melakukan koneksi internet, karena koneksi internet yang di dapat oleh komputer klien merupakan hasil share dari komputer server. terkecuali masing-masing warnet mempunyai modem sendiri-sendiri. apakah mungkin setiap warnet di pasang modem sendiri-sendiri? mungkin saja, mengingat modem broadband saat ini kecepatannya sudah banyak yang melebihi speedy. Kita ambil contoh modem smartfren Rev A yang mampu mengalirkan internet dengan kecepatan 3,1 Mbps dan modem smartfren Rev B mampu mengalirkan internet dengan kecepatan hingga 14,7 Mbps.

Langkah pertama setting warnet agar komputer server dapat menshare koneksi internet dengan OS semua PC adalah windows XP yang sama service packnnya:

Menentukan nama-nama dari masing komputer, baik dari komputer server maupun komputer klien. caranya:

- Klik kanan mycomputer kemudian klik properties maka akan muncul jendela baru, seperti gambar di bawah ini:

Isikan Computer description lalu klik apply.

Kemudian klik change pada gambar di atas dan akan muncul jendela baru seperti di bawah ini,

Rubah nama komputer (Computer name) dan Workgroup komputer tersebut.

Lalu klik Ok maka kompter akan meminta restart untuk mengaktifkan settingannya.

Ini tidak hanya di gunakan untuk setting warnet saja, namun juga dapat di gunakan dalam menshare koneksi internet di rumah, kantor, cafe dan lainnya.

Demikian sedikit panduan setting warnet, mudah-mudahan dapat membantu.

Untuk sekedar informasi mengenai koneksi internet yang dapat di gunakan di antaranya adalah:

- Koneksi internet 3
- Koneksi internet axis
- Koneksi internet xl
- Koneksi internet smart
- Dll.

Selamat berinternet !

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama