Asistensi Penulisan Karya Ilmiah Skripsi - 1

Hal-hal yang akan di bahas dalam Asistensi Penulisan Karya Ilmiah Skripsi ini adalah :

1. Pengantar
2. Pengertian karya ilmiah.
3. Macam-macam karya ilmiah.
4. Proses pengajuan judul skripsi.
5. Proses penulisan skripsi.
6. Tehnik penulisan skripsi.
7. Pelaksanaan ujian skripsi.

Asistensi Penulisan Karya Ilmiah Skripsi berfungsi sebagai pembimbing skripsi, dengan beberapa fungs sebagai berikut:
  1. Menurut salah satu sumber terpercaya di informasikan bahwa sebanyak 80% mahasiswa di Indonesia di DO karena tidak melakukan/membuat/menulis skripsi, oleh karena itu Asistensi Penulisan Karya Ilmiah Skripsi ini di harapkan dapat mengurangi presentasi tersebut. Kenapa demikian tinggi presentasi DO karena tidak menulis skripsi? karena banyak mahaiswa beranggapan bahwa menulis skripsi itu merupakan adalah suatu yang sulit dan membutuhkan banyak waktu. Hal itu mungkin saja benar, karena semua hal yang kita belum mengerti maka akan terlihat sulit, padahal jika mau belajar dan mengembangkan kreatifitas dan tekad maka semua hal yang sulit akan terasa mudah.
  2. Setiap mahasiswa selalu mempunyai batasan mengenai berapa lama ia harus menempuh semester, jadi dengan Asistensi Penulisan Karya Ilmiah Skripsi ini di harapkan dapat membuat mahasiswa dapat menempuh masa kuliah sesuai dengan target yang telah di tentukan. Misalnya 8 semester pada S1, dapat di tempuh oleh mahasiswa dengan 4 Tahun.
  3. Agar mahasiswa dapat berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan tugas individu, tapi bukan berarti saling mencontek satu sama lain, akan tetapi berdiskusi mengenai tehnik dan problem-problem yang di temui selama mengerjakan tugas individu skripsi.
  4. Asistensi Penulisan Karya Ilmiah Skripsi dapat membantu mahasiswa untuk dapat mengurangi rasa takut dalam memulia menulis skrispsi. Sehingga tidak ada penundaan dan target 4 tahun wisuda dapat terpenuhi.
Antara Karya Tulis dan Karya Ilmiah

Karya tulis merupakan suatu karya tulis yang di tulis sesuai dengan kemampuan, keinginan, tujuan dan penafsiran yang di miliki oleh penulis. contoh:
  • Otobiografi
  • Cerpen
  • Novel
  • Tulisan beritan ( Koran, majalah, tabloid, dsb)
Sedangkan Karya ilmiah adalah karya tulis yang di tulis berdasarkan data yang di hasilkan dari penelitian ilmiah yang di tulis dengan metode tertentu, sistematika tertentu, tehnik penulisan tertentu dengan menggunakan tehnik pengetikan dan menggunakan persyaratan-persyaratan tertentu.

Penulisan karya ilmiah dari segi pendekatan terdapat  2 jenis:
  1. Kuantitatif, data-datanya berupa narasi. contoh Judul karya ilmiah skrispsi dengan pendekatan kuantitatif: "Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di SMA ...... Th ......"
  2. Kualitatif, data-datanya berupa angka.
Sedangkan obyek pendekatan terdapat 3, yaitu:
  1. Laboratorium research
  2. Library research.
  3. Field research.
Itu dulu panduan penulisan skrispsi ini, dan jaga semangat untuk tetap belajar.

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama