Makalah PENGELOLAAN KELAS Bagian 3 (Akhir)


.    Pengelolaan Siswa
Biasanya, pengelolaan siswa dilakukan dalam beragam bentuk seperti individual, berpasangan, kelompok kecil, atau klasikal. Beberapa pertimbangan perlu di perhitunkan sewaktu pengelolaan siswa antara lain jenis kegiatan, tujuan kegiatan, keterlibatan siswa- siswa, waktu belajar dan ketersediaan sarana/ prasarana. Hal yang sangat penting dimiliki oleh guru dalam pengelolaan lkelas adalah:
1.      Mengenal Karakteristik Siswa
Guru harus mengenal karakteristik, sikap dan perilaku siswa di kelas, agar dapat memberikan bimbingan dan penanggulangan masalah jika diperlukan. Secara umum sifat dan perilaku siswa dapat digolongkan sebagai berikut:
a.       Siswa Pendiam/pemalu
b.      Siswa Perenung
c.       Siswa Super Aktif (Hyper Active)
d.      Siswa Malas
2.      Belajar Klasikal, Individual dan Kelompok
Sejak awal guru dalam pelaksanaan belajar di kelas sulit di pisahkan antara belajar klasikal dan induivikal.walaupaun bentuk belajarnya klasikal dalam arti guru memberi penjelasan dan perintah pada seluruh siswa dan siswa duduk secara klasikal, namun keyataannya siswa mengerjakan tugas secara individu oleh karena itu,guru pula harus meneliti,memeriksa dan memperhatikan kerja siswanya secara individual pula.kenyataannya siswa pada sekolah awal pada SD dan SMP banyak memerlukan penanganan dan perhatian secara individual    

D.      Mengaktifkan Siswa Dalam Mengelola Kegiatan Pembelajaran
Guru perlu merencanakan tugas dan alat belajar yang menantang,pemberian umpan balik,belajar kelompok dan  peyediaan progam penilaian yang memungkinkan semua siswa mampu unjuk kemampuan/mendemontrasikan kinerja (performance) sebagai hasil belajar.inti dari peyediaan tugas menantang ini adalah ini peyediaan seperangkat pertayaan yng mendorong siswa bernalar atau melakukan kegiatan ilmiah.para ahli meyebutkan jenis pertayaan ini sebagai “pertayaan produktif”. Karena itu,dalam penglolaan kegiatan pembelajaran ini guru perlu memiliki kemampuan merancang pertayaan produktif  dan mampu meyajikan pertayaan sehingga memungkinkan semu siswa terlibat baik secara mental maupun secara f isik. 
Dengan demikian,sedikiny ada hal strategi yang perlu di kuasai guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran yaitu,(1) peyediaan pertanyaan yang mendorong berfikir dan berproduksi,(2)peyediaan umpan balik yang bermakna,(3) belajar secara kelompok, dan (4) peyediaan peneliaan yang memberi peluang semua siswa mampu unjuk perbuatan. 



BAB III
KESIMPULAN

Di dalam meningkatkan efektifitas program belajar mengajar adalah dengan penataan berbagai komponen sistem pendidikan, salah satunya adalah kelas yang perlu mendapatkan pengelolaan yang tepat.
Komponen kelas di antaranya adalah benda yang ada di dalam kelas termasuk benda mati yang berupa meja kursi dsb, dan juga benda hidup yang berupa guru siswa dsb.
Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam pengelolaan kelas adalah:
1.      Administrasi Teknik
Beberapa hal yang termasuk adminitrasi teknik adalah absensi, ruang bimbingan, tempat baca, tempat sampah dan catatan pribadi.
2.      Pengelolaan Tempat Belajar
3.      Pengelolaan Siswa

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama