Definisi Ihsan, Arti kata "Ihsan"

Definisi Ihsan, Arti kata "Ihsan"

Kata ihsan berasal dari bahasa arab, yakni ihsana-yuhsinu-ihsanan yang berarti kebaikan.
Sedangkan secara istilah Ihsan berarti kebaikan yang timbul dari dalam nurani, yang tidak memiliki sedikitpun rasa pamrih dalam melakukan kebaikan tersebut. ihsan ini merupakan kebaikan yang tingkatnya sangat tinggi, karena orang yang melakukan ihsan tidak mengharapkan sedikitpun imbalan dari keabaikan yang di lakukannya.

Sebagai suatu contoh orang yang melakukan ihsan:

Suatu saat si fulan berjalan sendirian di sebuah gang, dan di gang tersebut ia melihat seseorang yang sedang kelaparan karena sudah hampir sehaian belum makan, setelah melihat keadaan seperti itu si fulan memberikan makanan kepada orang tersebut. kejadian seperti itulah yang di namakan sebagai perbuatan ihsan.

Contoh lagi, mislanya si Budi sedang naik motor dan di sebuah jalan melihat orang yang sedang mengalami kehabisan bensin dan menuntun sepeda motornya, namun si Budi menolong meskipun sebenarnya yang mengalami kehabisan bensin tidak meminta pertolongan kepada si Budi. dan hal itu di lakukan si budi hanya semata-mata menolong tanpa mempunyai niat pamrih sedikitpun.

Definisi di atas berdasarkan uraian dari Emha Ainun Najib (Kyai Kanjeng) dalam sebuah acara rutin yang di selenggarakan di TMMI jakarta setiap minggu ke-dua hari juma'at malam. dimana pada forum tersebut di bahas segala macam sudut kehidupan yang tidak jarang membenarkan dan mengkritik kata-kata yang di salah artikan oleh masyarakat dalam waktu yang lama. Misalnya kata sholeh, birun, ma'ruf dsb.

Pemahaman-pemahaman seperti ini hendaknya di mengerti sejak dini agar kita menjadi lebih dapat arif dan bijak dalam kehidupan bermasyarakat, dan juga yang lebih penting adalah anak-anak kita juga harus lebih dini untuk di beri pengertian-pengertian semacam ini. karena dengan pemberian pemahaman yang dini akan membuat anak lebih matang pada saat dewasanya.

Karena pemahaman salah terhadap satu kata saja akan membuat salah berkalimat dan salah dalam mengartikan sebuat kalimat.

Maka dari itu marilah sama-sama belajar dan belajar agar dapat lebih mengerti dan lebih faham akan apa-apa yang di dengar dan apa-apa yang akan di ucapkan.

Demikian, mudah-mudahan ada manfaat bagi kita semua.

Kritik dan saran dapat di tuliskan di form komentar. dan akan kami terima dengan pintu terbuka lebar.

Di tahun 2022 ini kemajuan teknologi informasi sudah sangat maju dan sudah tidak ada lagi batasan ruang dan waktu. Kita bisa mengetahui apa yang terjadi di belahan dunia manapun dalam hitungan detik hanya dengan menggunakan handphone. Zaman yang serba bisa, zaman serba instan dan zaman penuh dengan kemudahan dalam segala hal. namun dibalik teknologi canggih, kemudahan dalam mengakses apasaja ada nilai- nilai kemanusiaan yang cenderung terkikis, salah satunya sifat Ihsan manusia, karena saat ini hampir semua orang menilai semua hal dengan materi, menilai apa saja dengan uang.

Sungguh jarang saya temui ada orang yang masih memiliki sifat Ihsan, yang sesuai dengan definisi diatas, bahkan saya pribadi harus berusaha "mati-matian" untuk bisa melakukan ihsan pada siapa saja, makhluk apapun dan juga kepada alam semesta ini.

Sungguh beruntung sekali jika masih ada orang yang bisa melakukan Ihsan dengan keikhlasan, akan mendapatkan keberuntungan di dunia maupun akhirat. meski bukan suatu hal yang mustahil untuk Kita bisa melakukannya jika bersungguh- sungguh dan berasal dari hati nurani.setelah membaca tulisan ini, mari kita ingat- ingat seberapa seringkah Kita bisa berbuat Ihsan selama ini.

Kalau ada uneg-uneg jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan di form komentar.

Lebih baru Lebih lama