Perkembangan Digital

Semenjak pandemi covid-19 mulai muncul banyak perubahan yang terjadi pada pola kebiasaan hidup manusia di dunia. Seiring perkembangan digital Kebiasaan sehari- hari seperti memasak, belanja, media berita, bidang pendidikan, meeting hingga pola strategi penjualanpun berubah drastis.

Perubahan Exponent Yang Mengejutkan

Bisa dikatakan berubah total dan signifikan. Tradisi dan budaya juga turut bergeser perlahan. Pemanfaatan teknologi digital dalam perluasan pemasaran dan marketing sangat dirasakan dalam hal meningkatkan penjualan produk, baik produk fisik maupun produk teknologi.

Perkembangan Digital

 

Masyarakat mau tidak mau harus mengikuti perubahan tradisi prokes, memakai masker, jaga jarak dll. Begitu juga dalam dunia usaha baik makro maupun mikro juga mengalami perubahan yang signifikan khususnya dalam pemasaran produknya. Seakan- akan secara masiv dan kompak untuk beralih ke digital. 

Banyak website- website baru bermunculan, banyak inovasi dan kreasi digital yang dibuat. Karena memang survivalisme itu mungkin sudah menjadi naluri manusia, mencari jalan lain ketika menghadapi jalan yang sulit.

Perkembangan digital tidak terjadi di Indonesia saja, namun di seluruh penjuru dunia, hal ini membuat intensitas dari lalu lintas data internet melonjak tajam. 

Penyedia layanan hosting berlomba- lomba memberikan penawaran terbaiknya karena mereka tahu bahwa dunia sedang go digital masiv. 

Pola hidup sudah berganti, kebiasaan interaksi sudah berubah sesuai dengan derap langkah kemajuan dan kecanggihan peralatan masa kini.

Tidak hanya perusahaan- perusahaan besar atau perbankan yang mengambil kesempatan guna meningkatkan peran digital namun juga pengusaha menengah hingga pengusaha kecil juga memanfaatkan teknologi daring yang memudahkan dalam hal interaksi tanpa adanya batasan ruang dan waktu. 

Dengan memanfaatkan fasilitas website mereka mengupgrade cara mensosialisasikan produk. Mobilitas yang tinggi dan tuntutan insfrastruktur yang harus ada membuat para pakar terus berupaya untuk merekayasa peralatan teknologi untuk kemudahan manusia dalam menjalankan Usaha, komunikasi dan juga kehidupan sehari- hari.

Tentu hal ini merupakan sumbangan kemajuan yang patut dicatat dalam perkembangan ragam tehnik pengusaha untuk tetap eksis. Meski Kita tidak bisa menutup mata akan adanya kemungkinan dampak negatif pada generasi muda. Karena begitu mudahnya akses internet dimana saja, banyak anak- anak kecil yang enggan melepas gadgetnya.

Perkembangan digital ibarat mobil yang malaju kencang, yang harus ada rem yang kuat untuk menahan lajunya. Begitu juga teknologi yang banyak manfaatnya, buka berarti tidak ada mudhorotnya. Maka dari itu, panda- pandailah kita untuk memilih dan memilah agar kemajuan teknologi dapat terarah dan bermanfaat sebesar- besarnya.

Tidak bisa di pungkiri bahwa perkembangan media teknologi yang seakan- akan tidak terbendung dan gaya hidup turut berubah dari waktu ke waktu. Mau tidak mau suka atau tidak suka kita harus menghadapi itu. 

Dan akan terus berubah maju entah apa teknologi yang lahir di masa mendatang. Terus update kemajuan digital jangan sampai terlambat, terlebih pada anak cucu kita yang akan menjalani masa depan.

 

Komentar baru tidak diizinkan.*

Lebih baru Lebih lama